belajar java dan tutorial netbean

tutorial java, contoh aplikasi dengan netbean

a

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

membuat tampilan program sederhana

membuat tampilan program sederhana
Buka netbeans, :
Buat Project baru: File ---> New Project Next..
Pilih Kategori Java, dan Project Java Application Next..
Masukkan Nama Proyek.. di sini saya contohkan dengan nama ACCESS dan lokasi penyimpanannya di D:\
Jangan lupa hilangkan tanda centang di bagian Create Main Class ---> Klik FINISH

project awal pada netbean
project baru
Selanjutnya kita buat Package untuk proyek kita.. klik kanan default package ---> New ---> Java Package
menambal packet

Isi Package Name seperti di bawah ini :
nama paket
Klik Finish.
Package baru kita akan terlihat di bagian Panel Projects:

AƱadir leyenda
Klik kanan package kita tadi (koneksi) , lalu pilih New ---> Jframe Form

menambah form tampilan

Sekarang coba kita buat form sederhana dengan komponen yang terdiri dari JTextField,
JLabel, dan JButton seperti di bawah ini:
tampilan program
Ubah masing-masing komponen dengan cara :
Klik kanan – Change Variable Name - , lalu isikan nama variabelnya:
TextField untuk nama saya kasih nama variabel: txtnama
TextField untuk nim saya kasih nama variabel: txtnpm
TextField untuk Alamat saya kasih nama variabel: txtalamat
Button Tambah saya kasih nama variabel: bttambah
Button Ubah saya kasih nama variabel: btubah
Button Hapus saya kasih nama variabel: bthapus
Button Cari saya kasih nama variabel: btcari

demikian materi membuat tampilan program sederhana
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori database dengan judul membuat tampilan program sederhana. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://mbahjava.blogspot.com/2014/01/membuat-tampilan-program-sederhana.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Kamis, 16 Januari 2014

Belum ada komentar untuk "membuat tampilan program sederhana"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.